Kumpulan Kitab Kuning Yang Paling Sering Dipelajari Di Pondok Pesantren

 

Daftar Isi [Hikmah]

Kumpulan Kitab Kuning Yang Paling Sering Dipelajari Di Pondok Pesantren ~ Judul tulisan ini sangat panjang ya? maklum, kita akan berbicara tetang yang sangat penting, dan menjadi salah satu identitas pondok pesantren, yaitu Kitab Kuning.


Kumpulan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren

Kitab Kuning, 
memang fenomenal. Istilah ini sangat melekat pada sebuah lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, yang namanya Pondok Pesantren.

Sampai-sampai ada ungkapan demikian:
 Bukan Pesantren Kalau tak ada Kitab Kuning

Pada kesempatan kali ini saya, merasa sangat perlu untuk berbagi pengalaman kepada para pembaca, agar mengetahui apa saja kitab yang dipelajari di Pondok Pesantren tersebut.

Apakah Kitab Kuning Itu?

Bagi sebagian kita mungkin bertanya, apakah sudah mesti kitab yang dipelajari harus kitab kuning? apa sih sebenarnya kitab kuning itu? dan sederet pertanyaan lainnya.

Merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi dunia pesantren. Sampai-sampai kitab kuning menjadi ciri khas yang disandang oleh Pondok Pesantren. Seluruh civitas pesantren, alumni dan simpatisan pasti tidak merasa aneh dengan Kitab Kuning. Namun, belum tentu mereka memahami apa itu sebenarnya kitab kuning, dan kenapa disebu kitab kuning. Maka menarik untuk mengangkat tema "Mengenal Istilah Kitab Kuning" yang sebenarnya ditulis berdasarkan beberapa sumber yang diolah  dan tentu tambahan pengalaman dan pemahaman pribadi.
Istilah Kitab Kuning
Secara historis, sampai saat ini, tidak ditemukan siapa yang pertama kali mengenalkan istilah Kitab Kuning. Namun penulis yakin, bahwa istilah ini muncul dari akulturasi budaya pesantren, bukan yang lain. Adapun penyebabnya, bisa jadi karena Kitab Kuning, bisa diartikan sebuah karya seorang ulama, yang dicetak menggunakan kertas warna kuning. Walaupun Disisi lain, ada kitab saat ini yang menggunakan kertas berwarna agak ke-cokelat-an atau bahkan telah menggunakan kertas berwarna putih. akan tetapi tetap dikatakan kitab kuning, karena melihat dari sisi sebuah karya dari seorang ulama. 

Kitab Kuning, juga sering diistilahkan dengan Kitab Gundul, lantaran kitab ini tidak memiliki Syakal [Harakat], tidak memiliki tanda baca [seperti kebanyakan kitab yang dicetak modern]. Kitab kuning dengan perngertian Kitab Gundul, mungkin dibenak masyarakat umum terkesan aneh. Menarik untuk mengutip Pendapat Pengasuh Pondok Pesantren al-Anwar, KH. Maemon Zubair, yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Penasehat PPP. Beliau pernah memberi pernyataan "Kata Kuning, yang berada setelah kata Kitab, diambil dari bahasa arab yaitu "al-Ashfar", yang direduksi dari kata Shifr, yang bermakna Kosong". Artinya, Kitab Kuning, tidak memiliki Harakat, dan tanda baca. Sehingga bisa disitilahkan dengan Kitab Gundul.

Namun didunia Pesantren, Istilah Kitab Gundul justru terkesan menantang. Karena bagaimanapun juga santri yang mampu membaca kitab dengan tanpa harakat maupun tanda baca, bisa iacungi jempol. 
Kitab kuning, juga sering dikaitkan dengan Kitab Klasik, atau al-Turast al-Qadimah [karya Ulama Terdahulu]. Sehingga terkadang jika ada ulama modern yang mengarang kitab, biasanya tidak disebut kitab kuning, walaupun menggunakan kertas kuning. 

Saat ini, masih banyak kita temukan beberapa toko yang menjual Kitab Kuning, walaupun sekali lagi tidak lagi menggunakan kertas berwarna kuning. Kami tidak tahu secara pasti kenapa Kitab Kuning, sudah banyak yang dicetak dengan kertas putih. 

Yang pada kesimpulannya, Kitab Kuning hanya sebuah istilah yang muncul secara tiba-tiba, dan berawal dari sebuah tradisi pesantren dalam mengkaji kitab para ulama, dan kebetulan kertasnya berwarna kuning.

Kitab Kuning Yang Sering Dipelajari Di Pondok Pesantren

Berbicara tentang kitab kuning yang di pelajari di Pondok Pesantren, sebenarnya kita akan berbicara tetang salah satu materi atau kurikulum di pondok pesantren.

Nah, lantaran pesantren nitabene sebuah lembaga pendidikan yang tidak hanya mempelajari satu bidang saja, maka dalam tulisan ini akan kami sebutkan beberapa kitab yang paling sering dikaji.
Untuk mempermudah para pembaca mendapatkan kitab tersebut, akan kami bagi dalam beberapa kategori :

Bidang al-Quran dan Tafsir


  • al-Quran dengan Mushaf Utsmani riwayat Imam Hafsh, dibeberpa pesantren yang saya sebutkan diatas, dijadikan acuannya. 
  • Tafsir Jalalain, Karya Jalaluddin al-Suyuthi dan Jalaluddin al-Mahalli, merupakan kitab tafsir yang dipelajari di pesantren tersebut diatas. 
  • Berikutnya adalah kitab-kitab tafsir yang tidak semua pesantren diatas memprioritaskan kajiannya, diantara Tafsir al-Qurthubi, Tafsir al-Thabari, Tafsir Ibnu Katsir.


Bidang Hadith dan Ilmu Hadith serta Mushthalah

  • Hadith Arba'in Nawawi, mungkin salah satu kitab hadith yang hampir semua pesantren diatas mempelajarinya. 
  • Riyadhu al-Shalihin, karya Imam Nawawi selanjuntnya termasuk yang banyak dipelajari pula .
  • Bulughul Maram, Karya Ibnu Hajar al-'Asqanali, juga sering dipelajari di pesantren-pesantren. 
  • al-Taqrib wa al-Taisir , Karya Imam Nawawi 
Dan masih banyak lagi, silahkan anda lihat pada katalog blog ini, pada kategori kitab Hadith dan Mushthalah.

Bidang Tashawwuf dan Akhlak / Etika

  • Bidayatul Hidayah 
  • Ihya' Ulumiddin, Karya Imam al-Ghazali , kitab ini disyarah oleh al-Imam al-Zabidi dengan nama Itihafu al-Sadah 
  • Kitab Hikam karya Ibnu Athoillah al-Sakandari.
  • Dan sebenarnya masih banyak lagi. silahkan anda lihat dalam blog ini, di kategori Tashawwuf.

Bidang Tauhid 

  • Dasuqi 'Ala Ummil Barahin 

Dan lain sebagainya, sebenarnya untuk kitab tauhid ini banyak juga kitab kuning lain yang dipelajai, silahkan anda lihat pada kategori Akidah dalam blog ini.

Bidang Gramatika [Nahwu dan Sharraf]

Untuk bidang ini, kami pernah membuat artikel dan mengulasnya secara lengkap. anda bisa membacanya di : Kitab Nahwu yang sering dipelajari Di Pondok Pesantren . Matan jurumiyah

Bidang Fiqih dan Ushul Fiqih

Mayoritas pondok pesantren di Indonesia menggunakan fiqih Madzhab Syafi'i, dan dalam hal ini kami telah membuat sebuah artikel terkait kitab kuning bidang Fiqih yang sering digunakan dalam pembelajan di Podok Pesantren .

Sebenanrnya masih banyak lagi kitab kuning yang dipelajari di pondok pesantren, namun tidak dapat kami sebutkan kesemuanya. Silahkan anda lihat pada katalog blog ini, pada setiap kategori.

Silahkan jika anda memiliki keterangan atau tambahan, dan menyertakan link PDF nya, tulis pada komentar. 
Semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kumpulan Kitab Kuning Yang Paling Sering Dipelajari Di Pondok Pesantren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel