Featured Post

PERJALANAN MENIKMATI 15 NEGERI MUSLIM DIDUNIA.

Indonesia

 

PERJALANAN  MENIKMATI  15  NEGERI  MUSLIM  DI  DUNIA   🌐 😀 🤔





Inilah Ulasan 15 Negeri MUSLIM 

di DUNIA, 

Anda berminat ? ? ? berikut Ulasannya :

  

1

Indonesia

Perjalanan menikmati 15 negeri Muslim dunia, tentu dimulai dari negeri sendiri Indonesia. Kita patut bangga karena Indonesia adalah negeri Muslim terbesar di dunia.

Islam sudah masuk ke Indonesia sejak abad 10-11 dan berkembang pesat pada abad ke 14-15 ketika masa Wali Songo. Peradaban Islam di Indonesia melahirkan aneka festival, tradisi, kuliner, kesenian dan aneka bangunan bersejarah.

Momen-momen hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha adalah waktunya umat Muslim menikmati keberagaman budaya dan tradisi Islami yang berbeda di setiap daerah. Beberapa masjid Indonesia begitu ikonik misalnya Masjid Kubah Emas di Depok.

N
Malaysia

2

Malaysia

Negeri Jiran Malaysia juga merupakan negeri muslim yang sering dikunjungi traveler Indonesia. ampir 19,6 Juta orang atau 61,3% dari populasinya memeluk agama Islam. Kedekatan budaya dan agama Islam sangat memudahkan traveler muslim untuk menikmati Malaysia.

Malaysia yang merupakan gabungan kesultanan-kesultanan Islam membuat wisatawan bisa menikmati peradaban Islam dari Kelantan sampai Serawak. Islam masuk sejak abad ke-12, dibawa orang Arab, China dan India.

Traveler muslim dapat berwisata religi dengan beragam pilihan di Malaysia. Banyak budaya muslim Melayu di Malaysia yang mirip dengan di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di Sumatera. Masjid Putera di Puterajaya adalah salah satu landmark arsitektur muslim kebanggaan Malaysia.

N
Brunei Darussalam

3

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negeri Muslim nan mungil di utara Borneo yang dipimpin Sultan Hasanal Bolkiah.67% penduduknya beragama Islam. Negerinya kecil namun penduduknya bisa dibilang sejahtera karena kaya minyak. Sultannya saja sempat menjadi orang terkaya di dunia.

Islam masuk ke Brunei sejak abad ke-14. Bandar Seri Begawan adalah ibukota sekaligus destinasi wisata utama di Brunei Darussalam. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah yang paling megah di negeri itu.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin sekaligus merupakan landmark Brunei dan destinasi religi favorit. Saat malam masjid ini makin cantik dengan aneka lampu yang berkelap-kelip.

N
Filipina

4

Filipina

Umat Muslim turut mewarnai negara Filipina. Di Filipina selatan, khususnya Mindanao, Sulu dan Palawan, banyak umat Muslim dari etnis Moro. Mereka menjadi semacam daerah otonomi dengan pengaruh Islam yang dominan meskipun hanya 11% dari total populasi Filipina yang memeluk agama Islam.

Ada banyak masjid di Mindanao. Satu-satunya kekurangan adalah ketegangan politik yang kadang-kadang muncul dengan pemerintah pusat di Manila. Meski begitu umat muslim di Mindanao bisa hidup berdampingan dengan pemerintah, sejak ditandatanganinya perjanjian damai pada 2014 silam.

Wajah Islam di kawasan Mindanao dan sekitarnya begitu kental dan lekat dengan kebudayaan Muslim Melayu. Kuliner seperti lumpia, mereka juga punya lho. Umat Muslim di Filipina juga memakai peci yang mereka sebut Kupya. Masjid Dimaukom alias Masjid Pink di Datu Saudi Ampatuan, adalah yang paling unik di Filipina.

N



5

Thailand

Meskipun agama mayoritas di Thailand adalah Buddha, agama Islam juga turut menyemarakan Negeri Gajah Putih. Jejak sejarahnya panjang sejak abad ke-17, termasuk Kesultanan Patani di selatan Thailand. Umat Islam di Thailand ada berbagai etnis, dari yang asli Thailand, keturunan Melayu, China, hingga peranakan Pakistan.

Umat Muslim di Bangkok cukup banyak dan menawarkan alternatif wisata Muslim dan wisata halal di Thailand. Ada sejumlah wisata kuliner halal di Petchaburi dan di Chatuchak Weekend Market.

Untuk traveler Indonesia, rasanya harus mampir ke Java Mosque alias Masjid Jawa di daerah Sathorn, Bangkok. Masjid ini dibangun oleh para imigran Jawa yang masih keluarga KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.

N
Singapura

6

Singapura

Etnis Muslim merupakan bagian dari Bangsa Singapura selain etnis Tionghoa dan India. Tidak hanya Muslim Melayu, tapi melainkan juga keturunan Tionghoa, Timur Tengah dan Asia Selatan, persentasenya mencapai 15% dari total populasi.

Ketika berwisata ke Singapura, kita bisa menikmati wajah Islam Negeri Merlion di daerah Kampong Glam. Ada Masjid Sultan yang megah dan aneka wisata kuliner halal. Di Chinatown juga ada Masjid Jamae Chulia yang dibangun imigran India.

Bahkan, bulan Ramadan disambut dengan bazaar yang seru di daerah Geylang. Singapura adalah negeri yang ramah terhadap wisatawan Muslim.

N
China

7

China

Islam sudah masuk ke China sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup, yaitu melalui Jalur Sutera, jalur perdagangan paling kuno yang menghubungkan Asia, Timur Tengah dan Eropa. Di pedalaman Tiongkok, Islam tumbuh subur selama ratusan tahun dan memperkaya budaya China.

Daerah Wuzhong di Ningxia didominasi dengan Suku Hui yang beragama Islam. Mereka punya desa Muslim yang bisa dikunjungi wisatawan.

Di Yinchuan ada masjid megah yang mempesona. Bahkan di Xian ada masjid agung tertua di Tiongkok yang dibangun tahun 742 atau hanya sekitar seratus tahun saja setelah periode Nabi Muhammad SAW.

N
India

8

India

India memang identik dengan agama Hindu, namun banyak juga warganya yang beragama Islam. Agama Islam pun merupakan yang terbesar kedua setelah Hindu. Budaya dan berbagai bangunan di India pun banyak yang bernafaskan Islam.

Misalnya saja Taj Mahal yang tersohor dibangun Shah Jahan, dengan kubah dan menara kokoh di berbagai sisinya. Berbagai destinasi sejarah terkait Maharaja Akbar The Great di Agra yang diabadikan dalam film Jodhaa Akbar juga menjadi contoh peradaban Islam Mughal di India.
site partner from india ( Ak SmartSupport
Arti Vlog | arti vlog dalam bahasa inggris
https://www.aksmartsupport.com/2021/09/vlog-meaning-in-hindi.html

N
Pakistan

9

Pakistan

Sekitar 95-98% warga Pakistan memeluk agama Islam, ada yang beraliran Sunni dan Shiah. Sunni Islam lah yang paling banyak dipraktikkan di negara yang bertetangga dengan India ini.

Budaya Islam pun mengakar kuat di Pakistan. Masjid-masjid yang kokoh dan mempesona banyak ditemui di negara itu dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi.

Misalnya Faisal Mosque di Islamabad, yang dulu pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993. Walaupun tidak lagi menjadi yang terbesar, masjid ini tetap menjadi ikon Islamabad hingga sekarang.

N
Bangladesh

10

Bangladesh

Tak jauh berbeda dengan Pakistan, Islam juga menjadi agama terbesar di Bangladesh. Islam masuk ke Bangladesh sejak berabad-abad lalu, ketika negara ini masih bergabung dengan India. Agama Islam kebanyakan disebarkan oleh pedagang Arab serta orang-orang Persia.

Islam telah memegang peranan penting dalam bidang politik, kehidupan dan budaya masyarakat Bangladesh. Hukum Islam pun digunakan sebagai hukum negara tersebut.

Untuk tempat ibadah, banyak sekali masjid megah yang dibangun. Salah satu yang populer sebagai tujuan wisata religi di Bangladesh adalah Baitul Makarram Mosque di Kota Dhaka. Masjid ini begitu luas dan dilengkapi dengan perpustakaan, kantor, toko serta area parkir.

N
Maladewa

11

Maladewa

Maladewa dikenal sebagai negara kepulauan mempesona dan dipenuhi dengan resor mewah. Siapa sangka kalau Maladewa adalah negara Islam yang taat. Salah satu pasal di undang-undangnya menyatakan bahwa umat non Muslim tidak bisa menjadi warga negara Maladewa.

Islam pun telah mengakar kuat pada setiap warganya. Setiap azan berkumandang, berbagai toko dan kantor akan tutup selama beberapa menit. Kemudian setiap hari Jumat, toko dan kantor mulai tutup sejak sekitar pukul 11.00 siang untuk persiapan salat Jumat.

Maladewa juga disebut-sebut mempunyai salah satu masjid terbesar di Asia Selatan, yaitu Masjid Al Sultan Muhammad Thakurufaanu Al Auzam. Masjid itu dapat menampung hingga 5.000 orang dan menjadi landmark di Kota Male, ibukota Maladewa.

N
Mesir

12

Mesir

Selain terkenal dengan objek wisata Piramida dan Sphinx, Mesir juga menjadi negara yang begitu bersejarah bagi umat Islam. Kisah Nabi Musa dan Firaun dengan laut terbelahnya, serta berbagai destinasi sejarah bernafaskan Islam lainnya banyak yang bertempat di Mesir.

Mesir juga punya Universitas Al Azhar yang menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengkajian Islam dunia. Universitas ini juga masih berada dalam satu komplek dengan Masjid Al Azhar yang tersohor. Ketika berada di Mesir, memang banyak sekali tempat yang membuat traveler jadi lebih mengenal peradaban Islam.

N
Arab Saudi

13

Arab Saudi

Berbicara mengenai negeri Muslim, tentunya tak akan terlepas dari Arab Saudi. Inilah pusat agama Islam, negara yang menjadi destinasi wisata religi idaman hampir semua muslim. Setiap tahun Arab Saudi selalu dipenuhi oleh masyarakat yang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

Kabah, Masjidil Haram, hingga makam Nabi Muhammad SAW, semuanya ada di Arab Saudi. Berbagai tempat yang begitu bersejarah untuk umat Islam pun banyak yang ada di negara ini.

Selain itu, warga di Tanah Suci ini juga mempunyai kebiasaan yang berlandaskan Islam. Misalnya di Makkah, setiap adzan berkumandang, semua toko akan tutup dan buka kembali usai salat berjamaah selesai.

N
Yaman

14

Yaman

Islam mulai masuk di Yaman sejak tahun 600-an Masehi. Pada tahun 630, Khalifah Ali bin Abi Thalib memperkenalkan Islam secara langsung di negara ini. Hingga sekarang, Islam dianut oleh hampir semua warga negara Yaman.

Dengan sejarah Islam yang panjang, ada pula masjid kuno yang menjadi saksi perkembangan agama ini di Yaman. Masjid tersebut adalah Great Mosque of Sana'a yang konon telah dibangun sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup. Masjid ini pun menjadi salah satu tujuan wisata religi selama di Yaman.

N
Lebanon

15

Lebanon

Berbatasan dengan Israel dan Suriah, Lebanon memiliki populasi sebesar 4,5 juta penduduk yang terdiri umat Muslim dan Nasrani. Sejarahnya agama Islam berkembang di Lebanon pada abad ketujuh, melalui salah satu kalifah Abu Bakar.

Hampir setengah dari masyarakat Lebanon adalah umat muslim, dengan persentase 54%. Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Arab. Agama Islam memang menjadi salah satu budaya yang mewarnai keragaman Lebanon yang modern.

Cloud Hosting IndonesiaPHP Dev Cloud HostingAffiliate Banner Unlimited Hosting IndonesiaUnlimited Hosting WordPress Developer Persona

DONASI VIA DANA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.alhikmah.my.id/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

AL HIKMAH
Follow My Blog
DMCA.com Protection Status