Hari Santri 2022 Pengertian Logo , Tema , Filosofi dan Sejarahnya

Hari Santri 2022 Pengertian Logo , Tema , Filosofi dan Sejarahnya




Hari Santri 2022 Pengertian Logo , Tema , Filosofi dan Sejarahnya - https://www.alhikmah.my.id/2022/09/hari-santri.html



Hari Santri 2022 adalah salah satu peringatan hari besar yang akan diperingati pada bulan Oktober 2022 mendatang. Hari Santri 2022 pun memiliki sejarah yang tak lepas kaitannya dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Santri 2022 biasa dimeriahkan setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan Hari Santri oleh berbagai kalangan dan dengan tema berbeda-beda yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag).


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Santri 2022, simak informasi selengkapnya berikut ini.


Tentang Peringatan Hari Santri 2022

Hari Santri 2022 adalah hari besar untuk memperingati peran besar para kaum ulama dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing demi meraih Kemerdekaan Republik Indonesia. Kapan Hari Santri 2022 diperingati? Hari Santri 2022 diperingati setiap tanggal 21 Oktober 2022.


Peringatan Hari Santri 2022 pada tanggal 22 Oktober 2022 juga telah diputuskan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko WIdodo (Jokowi). Penetapan Hari Santri dilakukan pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta.



Keppres tersebut ditetapkan dengan menimbang peran ulama dan santri ketika memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Ditetapkannya tanggal 22 Oktober memperingati Hari Santri adalah sebagai bentuk pengingat akan seruan 'Resolusi Jihad' pada 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama di berbagai penjuru daerah.


Kala itu, KH Hasyim Asy'ari memimpin perumusan fatwa 'Resolusi Jihad' di kalangan kiai pesantren. Resolusi Jihad mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.



Hari Santri 2022, Sejarah dan Peringatannya Tanggal 22 Oktober | Foto: Getty Images/iStockphoto/wichianduangsri

Sejarah Hari Santri 2022 Setiap 22 Oktober

Sejarah Hari Santri 2022 tidak terlepas dari perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan dan memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Mengutip dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), sejarah Hari Santri bermula dari fatwa 'Resolusi Jihad' yang disampaikan KH Hasyim Asy'ari.


Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy'ari memimpin perumusan fatwa 'Resolusi Jihad' di kalangan kiai pesantren. Fatwa yang ditetapkan pada 22 Oktober 1945 itu berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan pasukan penjajah yang masih ada di Indonesia.


Puncak perjuangan atas landasan jihad kebangsaan tersebut kemudian melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa itu juga dikenal sebagai cikal bakal dan sebagai peringatan Hari Pahlawan.


Baca juga:

Hari Besar Oktober 2022: Daftar Hari Nasional dan Internasional

Launching Peringatan Hari Santri 2022

Dalam rangka peringatan Hari Santri 2022 pada tanggal 22 Oktober mendatang, Kementerian Agama (Kemenag) kembali akan menggelar serangkaian peringatan Hari Santri. Tahun ini, launching peringatan Hari Santri 2022 akan digelar di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid, seperti dilansir situs Kemenag, Senin (26/9//2022).


Menurut Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, sejak ditetapkannya Keppres Nomor 22 Tahun 2015, Kemenag selalu rutin memperingati Hari Santri setiap tahunnya melalui berbagai macam kegiatan dengan tema yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, Kemenag akan mengadakan Launching Peringatan Hari Santri 2022 di halaman kampus Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.


"Insya Allah, launching akan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa malam, 27 September 2022," katanya.


Launching peringatan Hari Santri 2022 juga akan dimeriahkan dengan pentas musik dan shalawat yang akan dibawakan beberapa penyanyi, yaitu Zulfikar Basyaiban, Veve Zulfikar, Woro Widowati, dan Grup Qasidah Qasima.


Ramdhani menjelaskan, penempatan UIN Pekalongan menjadi lokasi launching Hari Santri 2022 karena ingin meneladani KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai representasi 'santri kosmopolitan', yaitu seorang yang berakar dari pesantren namun berwawasan global.


"Akar inilah yang kemudian Gus Dur dapat membangun lahirnya pemahaman Islam yang moderat, toleran, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," jelasnya.


Tahun ini, lanjut Ramdhani, Kemenag akan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan Hari Santri 2022 yang tidak hanya dapat diikuti oleh kalangan pesantren, melainkan juga semua elemen masyarakat.


"Kami juga mengundang semua lapisan masyarakat untuk hadir di UIN Pekalongan maupun menyaksikan melalui siaran langsung di kanal media sosial Kementerian Agama," ajak Ramdhani.


Selain itu, Ramdhani mempersilakan juga mendorong semua pihak untuk turut serta memeriahkan peringatan Hari Santri 2022 agar gaung positif santri semakin dirasakan oleh masyarakat secara luas.


"Perlu dicatat bahwa Hari Santri tidak hanya milik orang-orang pesantren, melainkan juga milik segenap bangsa Indonesia. Jadi, siapa pun boleh merayakan Hari Santri," harapnya.



Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah merilis peringatan Hari Santri 2022 pada Selasa (27/9/2022) malam. Menag juga sekaligus mengenalkan logo dan tema Hari Santri 2022.

Seperti yang diketahui, Hari Santri adalah salah satu peringatan hari besar yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari Santri telah diperingati sejak ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu.


Dalam sejarahnya, Hari Santri tak lepas kaitannya dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy'ari memimpin perumusan fatwa 'Resolusi Jihad' di kalangan kiai pesantren.


'Resolusi Jihad' tersebut diserukan kepada para santri dan ulama di berbagai penjuru daerah. Dalam Resolusi Jihad, setiap muslim diwajibkan untuk membela Tanah Air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.


Hari Santri 2022


Tema Hari Santri 2022

Dalam peluncuran Hari Santri 2022 yang disiarkan langsung melalui channel youtube Kemenag RI, Selasa (27/9) lalu, Menag Yaqut mengenalkan tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".


Menurut Yaqut, tema Hari Santri 2022 mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.


Santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.


"Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama," ucap Yaqut dikutip dari laman resmi Kemenag RI.


"Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," imbuhnya.


Logo Hari Santri 2022

Logo Hari Santri 2022 memiliki bentuk garis luar yang menyerupai angka delapan dengan titik di tengahnya. Logo ini memiliki ciri tiga warna yakni biru, hijau, dan oranye.





Ketiga warna pada logo Hari Santri 2022 memiliki makna yakni:


- Biru: cerdas dan bijaksana


- Hijau: religius dan harmonis


- Oranye: semangat dan penuh energi


Untuk file logo bisa diunduh DI SINI.


Filosofi Logo Hari Santri 2022

Melansir laman resmi Kemenag, filosofi logo Hari Santri 2022 memiliki beberapa bentuk pola makna, yakni pola merangkul, jabat tangan, daun, infinity, matahari, dan mata. Berikut maknanya.



1. Merangkul


Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. Ini bermakna melindungi, memberikan empati, dan kepedulian.



2. Jabat Tangan


Mengandung makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain



3. Daun


Daun hijau tidak hanya mengandung makna kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga harapan.



4. Infinity


Simbol tak hingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep tak hingga.



5. Matahari


Matahari terus memberikan cahaya untuk kehidupan manusia. Matahari merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, mengandung makna daya yang tidak pernah habis.


6. Mata


Indera penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan sekitar. Ini mengandung pesan melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.


Nah, itulah penjelasan tema, logo, dan filosofi Hari Santri 2022.


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Hari Santri 2022 Pengertian Logo , Tema , Filosofi dan Sejarahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel