Ikutilah Pola Hidup Sehat dalam Islam Menurut Rasulullah SAW

 Assalamu'alaikum , sahabat kini AL HIKMAH Menerbitkan Artikel yang berjudul

Ikutilah Pola Hidup Sehat dalam Islam Menurut Rasulullah SAW . Silahkan dibaca 

Al hikmah.  

Assalamu'alaikum , sahabat Al hikmah. Hari ini ane mau berbagi informasi yang sangat berguna pastinya untuk para sahabat muslim yang ingin hidup sehat dengan tuntunan dari Rasulullah. Dalam islam kita pasti banyak di ajarkan tentang pola hidup sehat.


Pola hidup sehat dalam Islam menurut Rasulullah

     Sebenaranya pada dasarnya menjaga kesehatan tidaklah sulit, Seperti pada firman Allah SWT :
     " Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Al-Ahzab 33:21) "

Ikutilah Pola Hidup Sehat dalam Islam Menurut Rasulullah


Jadi kita perlu tunggu apa lagi ? Hidup sehat perlu dimulai dari sekarang, dari hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Berikut di bawah ini merupakan beberapa pola hidup sehat yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW :

1. Memakan Makanan Halal Dan Baik

Dimanapun anda berada pastinya perlu memakan yang halal serta yang baik, begitu pula yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW hanya akan memakan makanan yang baik dan halal, seperti halnya: Buah-buahan(aggur, zaitun, kurma, tin, delima), Ikan laut segar, daging, susu, madu dan juga biji-bijian( sepertu gandum).

Seperti sabda Rasulullah SAW :

     Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi.”(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad az Zubair, dan diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim, keduanya menerima dari Sufyan, dari ` Abdullah bin `Isa, dari seorang laki-laki ahli syam yang bernama Atha’, yang bersumber dari Abi Usaid r.a.)

Di pagi hari, Rasulullah SAW sarapan with segelas air yang di campur dengan sesendok madu asli. Selain ternyata bisa menjaga daya tahan tubuh, manfaat dari madu juga dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Diintips dari ilmu kesehatan, madu dapat membersihkan lambung, wasir, menyembuhkan sembelit, peradangan dan mengaktifkan usus-usus.

    Minuman yang sangat dis sukai Rasulullah saw adalah minuman rasanya manis serta dingin.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Sufyan, dari Ma’mar, dari Zuhairi, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a.)

Memasuki waktu dhuha, Rasulullah SAW akan mengkonsumsi tujuh butir buah kurma ajwa’(matang). Selain sangat menyehatkan, buah kurma juga dapat menetralisir racun.

    Rasulullah SAW bersabda pula:

     “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”

Hal ini dibuktikan ketika seorang wanita Yahudi mencoba membunuh Rasulullah SAW dengan cara meracuni makanan beliau pada perang Khaibar.

Racun tersebut dapat dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam buah kurma, namun salah seorang sahabat yang bernama Bisyir ibu al Barra meninggal karena racun tesebut.

Pada malam hari, Rasulullah biasanya makan sayur-sayuran. Sayuran memiliki sangat banyak kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh anda. Sayuran pula mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Setelah selesai makan malam, Rasulullah biasanya akan melakukan beberapa aktivitas terlebih dahulu. Ini fungsinya untuk memudahkan makanan ketika dicerna oleh lambung. Aktivitas yang di lakukan Rasulullah biasanya berupa shalat.

2. Patuh dengan perintah Allah SWT

Pola hidup sehat yang kedua ini berkaitan erat dengan yang nomor 1 tadi di atas, yaitu patuh dengan perintah Allah SWT, Senantiasa Allah memerintahkan hambanya untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat pula untuk hambanya.

Makanan buruk tidak selalu  berasal dari jenis yang haram seperti anjing dan babi. Makanan buruk bisa pula berasal dari jenis makanan halal, seperti daging ternak yang di potong atau sembelih tidak dengan menyebut nama Allah, kemudian daging ternak yang di sembelih selain untuk Allah (seperti pesembahan kepada jin).

3. Makan tidak berlebihan

 Pola hidup ini selalu di anjurkan oleh Rasulullah SAW , ia selalu menganjurkan kepada kita para pengikutnya untuk makan sebelum lapar, dan berhenti pula sebelum kenyang. Jadi jangan sampai kita makan yang berlebihan ya sahabat.

4. Rajin berolahraga

Rasulullah SAW juga merupakan sosok yang sangat hobi berolahraga, buktinya ia tidak pernah segan-segan untuk ajak istrinya Aisyah RA utnuk ikut berolahraga seperti memanah, juga menunggang kuda.

5. Istirahat yang cukup

Umat islam sejatinya tidak di anjurkan untuk begadang karena dapat merusak pola hidup sehat, begitu pula yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Ia tak pernah begadang hingga larut malam, ia selalu tidur selepas Isya dan kemudian bangun pada 1/3 malam hari.

6. Rajin berpuasa sesuai waktunya

Pola hidup sehat yang baik pastinya tak luput dari berpuasa, baik itu puasa yang wajib maupun puasa yang sunnah. Banyak pula manfaat puasa yang mungkin sahabat belum ketahui seperti di bawah ini:

  1. Mengobati tekanan darah tinggi (Mudah emosi)
  2. Mengobati Asma (Sesak Nafas)
  3. Mengobati Diabetes (Berlebihan Gula Darah)
  4. Mengobati penyakit kulit
  5. Mengobati penyakit hati
  6. Mencegah Cancer
Banyak juga ya ternyata manfaat dari rajin berpuasa seperti di atas, jadi jangan lupa untuk selalu rajin berpuasa yang sahabat Al hikmah.

7. Membersikan Gigi (Bersiwak)

Rasulullah senantiasa selalu memperhatikan kebersihan mulut dan giginya. Dan ia menganjurkan kepada kita pula untuk bersiwak agar mulut dan gigi selalu bersih dan harum. Adapun waktu yang di sarankan beliau yaitu pada saat sebelum sholat, bangun tidur, serta sebelum tidur.

8. Sholat yang Khusyuk (Serius)

Sholat dengan serius dan khusyuk pastinya juga jadi bagian dari pola hidup sehat. Karena ibadah sholat dapat menjaga kesehatan JIWA serta RAGA anda sahabat.

9. Mengkonsumsi Herbal

Gaya hidup Rasulullah SAW yang sehat ini, beliau tak pernah lupa untuk mengkonsumsi berbagai macam herbal yang sangat menyehatkan tubuh, seperti Habbatusauda, madu alami, kurma.

10. Selalu bersabar (Tidak Pemarah)


Rasulullah selalu memberi nasehat “Jangan marah”, nasihat ini diulangi oleh beliau sampai 3 kali. Ini sangat menunjukan bahwa marah akan membawa efek buruk bagi kesehatan. Orang yang pemarah sudah terbukti sering mengalami sakit seperti darah tinggi, sakit kepala, gangguan pencernaan, sakit jantungan serta depresi.

11. Selalu menjaga kebersihan

Pola hidup sehat yang satu ini sangat jelas di contohkan oleh Rasulullah dengan cara beliau yang selalu tampak rapih dan bersih. Banyak sekali cara menjaga kebersihan yaitu salah satunya dengan mencukur rambut, memakai wangi-wangian dan banyak lainnya.

Di atas merupakan artikel yang berjudul Ikutilah Pola hidup sehat dalam Islam menurut ajaran Rasulullah SAW yang dapat di rangkum oleh Al hikmah, sudahkah anda mengikuti ajaran Rasulullah dalam menjaga cara hidup sehat? Jika belum , mari dimulai dari sekarang yuk sahabat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Ikutilah Pola Hidup Sehat dalam Islam Menurut Rasulullah SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel