25 Nabi Dan Rasul Serta Mukjizatnya Yang Wajib diketahui - Kisah Hikmah - Alhikmah.my.id

 25 Nabi Dan Rasul Serta Mukjizatnya Yang Wajib diketahui - Kisah Hikmah - Alhikmah.my.id




Nama nama Nabi – Sebagai umat Islam, kita tentunya tahu bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia-manusia terdahulu yang diberi gelar nabi. Nabi sendiri adalah seorang manusia yang telah diberikan wahyu oleh Allah perihal agamanya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia-manusia dengan gelar nabi ini mempunyai posisi yang lebih tinggi dibandingkan manusia lainnya.

Inilah Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul


Nabi-dan-Rasul-www.alhikmah.my.id




Semua kisah-kisah para nabi dan rasul ini sangat menarik untuk diketahui, sebab kamu juga bisa mengambil pelajaran darinya. 


Berikut ini ada informasi susunan dari 25 nabi dan rasul secara berurutan yang wajib diketahui :


1. Nabi Adam AS





Riwayat


Nabi Adam AS adalah manusia dan nabi pertama. Beliau diciptakan dari tanah. Awalnya, Nabi Adam AS tinggal di surga sendirian. Lalu, Allah menciptakan seorang perempuan bernama Hawa untuk menjadi pasangannya. Suatu saat mereka berbuat kesalahan di surga, dengan memakan buah khuldi, satu-satunya buah yang dilarang Allah untuk dikonsumsi. Karena godaan dari syaitan, maka Nabi Adam AS dan Hawa melanggar larangan-Nya. Mereka bertaubat dan Allah SWT memaafkannya, namun mereka harus diturunkan ke bumi.

Tahun/Zaman


Nabi Adam hidup di bumi pada tahun 5872–4942 sebelum masehi atau selama 930 tahun.

Mukjizat


Setiap nabi dan rasul biasanya memiliki mukjizat tertentu atas izin Allah SWT. Mukjizat Nabi Adam AS adalah sebagai manusia dan khalifah pertama di bumi.

Silsilah Kenabian


Nabi Adam AS tidak memiliki silsilah kenabian, sebab beliau adalah manusia sekaligus nabi pertama.


2. Nabi Idris AS





Riwayat


Nabi Idris AS adalah seorang nabi yang mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT. Beliau diperkirakan lahir di daerah Irak dan melakukan dakwah kepada kaum Bani Qabil dan Memfis. Namun ada pula yang menyebutnya lahir di Mesir. Nabi Idris adalah seorang manusia yang sangat pandai dan mempunyai kecerdasan dalam berbagai ilmu, seperti menulis, berhitung, ilmu perbintangan, ilmu alam, ilmu kesehatan, menjahit serta memakai baju, dan sebagainya. Beliau termasuk nabi yang tidak wafat di bumi, melainkan saat diangkat ke langit sebagai manusia pilihan Allah.

Tahun/Zaman


Nabi Idris AS diperkirakan hidup di bumi pada zaman 4533 – 4188 sebelum masehi atau 345 tahun.

Mukjizat


Karena Nabi Idris AS bisa menulis, mukjizat yang dimilikinya adalah sebagai manusia pertama yang menulis dengan pena.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 6 dari Nabi Adam AS. Garis keturunannya adalah dari Adam AS, Syits, Anusy, Qinan, Mihlail, Yarid, dan Idris AS.

3. Nabi Nuh AS





Riwayat


Nabi Nuh AS adalah nabi dan rasul pertama yang diperintahkan oleh Allah untuk menuntun para kaumnya ke jalan yang benar dari penyimpangan besar. Beliau juga mendapat gelar Uluz Azmi, berkat kesabaran dan ketabahannya yang luar biasa dalam menghadapi kaumnya.

Beliau mempunyai 4 orang anak. Bahkan istri dan anaknya yang bernama Kan’an tidak mempercayai ajaran lurusnya dari Allah SWT, kemudian menjadi musuhnya. Akibat dari ulah para kaum yang tidak mempercayai ajaran Allah dan selalu membangkangnya, maka Allah memberikan azab berupa musibah tsunami besar yang menewaskan semuanya, kecuali Nabi Nuh AS dan para pengikutnya.

Tahun/Zaman


Nabi Nuh AS diriwayatkan hidup di bumi pada tahun 3993 – 3043 sebelum masehi atau 950 tahun.

Mukjizat


Allah memerintahkan Nabi Nuh AS untuk membuat sebuah kapal besar. Beliau mengikuti perintah Allah tersebut dan menaikinya bersama para pengikutnya. Beliau dan para pengikutnya pun selamat dari bencana tsunami dahsyat yang ditimpakan Allah SWT sebagai peringatan.

Silsilah Kenabian


Nabi Nuh AS adalah keturunan ke 9 Nabi Adam AS. Garis keturunannya dimulai dari Adam AS, Syits, Anusy, Qinan, Mihlail, Yaris, Idris AS, Matusyalih, Lamak, dan Nuh AS.

4. Nabi Hud AS





Riwayat


Nabi Hud AS berasal dari suku ‘Aad yang hidup di daerah jazirah Arab. Suku tersebut menyembah berhala yang disebut dengan Shamud, Shada dan Al Haba. Mereka semua tidak mengenal adanya Tuhan dan menyembah berhala karena kepercayaan. Kaum ‘Aad selalu berfoya-foya dan mengabaikan peringatan dari Nabi Hud untuk menyembah Allah SWT.

Akibat dari kekafiran kaum Hud, Allah mendatangkan azab berupa musibah kekeringan pada tanah yang terkenal subur tersebut. Akan tetapi, suku ‘Aad tidak bertaubat, sehingga Allah menurunkan azab kedua berupa badai yang membinasakan mereka.

Tahun/Zaman


Nabi Hud diperkirakan hidup di dunia pada tahun 2450 – 2320 sebelum masehi atau 130 tahun lamanya.

Mukjizat


Beliau dan para pengikutnya diberikan keselamatan oleh Allah SWT atas bencana badai yang menimpa suku ‘Aad. Kemudian, beliau berhijrah ke Hadramaut dan wafat disana.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 8 dari Nabi Nuh AS. Garis keturunannya dimulai dari Nabi Nuh AS, Iram, ‘Aush, ‘Ad, Al Khulud, Rabah, Abdullah dan Nabi Hud AS.

5. Nabi Shaleh AS





Riwayat


Nabi Shaleh AS adalah seorang nabi dan rasul yang diutus untuk berdakwah kepada kaum Tsamud yang berada di daerah Oman. Namun, kaum tersebut tidak mempercayai ajaran dari Nabi Shaleh dan terus membangkang. Meskipun mereka telah melihat mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Shaleh AS, tetap saja kaum Tsamud ingkar. Kemudian, datanglah azab dari Allah melalui Malaikat Jibril yang membinasakan mereka.

Tahun/Zaman


Nabi Shalih AS diperkirakan hidup pada tahun 2150 – 2080 sebelum masehi atau 70 tahun lamanya.

Mukjizat


Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Shalih AS berupa munculnya unta betina dari celah batu. Tapi, kaum Tsamud membunuh hewan tersebut dan mengingkari ajaran beliau.

Silsihah Kenabian


Nabi Shalih AS adalah keturunan ke 10 Nabi Nuh AS. Garis keturunannya dari Nabi Nuh AS, Sam, Iram, Amir, Tsamud, Hadzir, Ubaid, Masah, Asif, Ubaid dan Nabi Shalih AS.

6. Nabi Ibrahim AS





Riwayat


Nabi Ibrahim AS juga termasuk nabi dan rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi. Beliau hidup di zaman Raja Namrud yang mempunyai kebijakan untuk membunuh semua bayi laki-laki yang baru lahir. Selain itu, raja tersebut menyembah berhala, bahkan kedua orang tuanya adalah pembuat berhala tersebut. Beliau juga mendapat ujian karena belum dikaruniai anak setelah menikah dengan Sarah, kemudian istrinya tersebut memintanya untuk menikahi seorang budak bernama Hajar. Tak cukup sampai disitu, beliau juga mendapat ujian untuk menyembelih anaknya yang bernama Ismail. Karena ketaatannya tersebut, Allah mengganti Ismail dengan seekor domba. Kisah inilah yang menjadi awal dari Idul Adha.

Tahun/Zaman


Beliau hidup di bumi pada zaman 1997 – 1822 sebelum masehi atau 175 tahun lamanya.

Mukjizat


Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim adalah selamatnya beliau dari hukuman berupa dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud.

Silsiah Kenabian


Nabi Ibrahim AS merupakan keturunan ke 10 Nabi Nuh AS dengan garis berbeda dari Nabi Shalih AS. Dimulai dari Nabi Nuh AS, Sam, Arfakhsyad, Shalih, Abir, Falij, Ra’u, Saruj, Nahur, Tarakh dan Ibrahim AS.

7. Nabi Luth AS





Riwayat


Kisah Nabi Luth AS ini terkenal dengan kemungkaran kaumnya di daerah Sodom, Yordania. Mereka melakukan perbuatan tak beradab dengan maraknya homoseksual dan lesbian. Nabi Luth AS pun telah memperingatkan kaumnya tersebut untuk meninggalkan perbuatan tercela dan kembali ke jalan yang benar. Namun, tak ada yang mempedulikan dan justru mencelanya. Beliau mendapat ujian bahwa istrinya juga termasuk orang yang mengingkarinya.

Tahun/Zaman


Nabi Luth AS hidup pada zaman 1950 – 1870 sebelum masehi atau 80 tahun lamanya.

Mukjizat


Beliau dan para pengikutnya dilindungi oleh Allah SWT dari azab yang diturunkan untuk kaum Sodom.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keponakan dari Nabi Ibrahim AS. Garis keturunan dimulai dari Nuh AS, Sam, Arfakhsyad, Shalih, Bir, Falij, Ra’u, Saruj, Nahur, Tarakh, Haran dan Luth AS.

8. Nabi Ismail AS





Riwayat


Nabi Ismail AS merupakan keturunan langsung dari Nabi Ibrahin AS dengan istri keduanya yang berstatus budak, yakni Hajar. Suatu hari, Hajar diutus untuk pergi ke Mekkah yang saat itu hanya berupa padang pasir tandus. Ia kehabisan air susu dan berlari dari bukit Shafa hingga Marwah untuk mencari air. Atas izin Allah, ia mendapatkan sumber air yang terkenal sebagai air zam-zam. Nabi Ismail AS juga pernah hampir disembelih oleh ayahnya sendiri, atas petunjuk Allah SWT. Karena keduanya sangat sabar dan taat, maka sembelihan itu diganti dengan domba. Keduanya juga berperan dalam pembangunan Ka’bah di Mekkah.

Tahun/Zaman


Nabi Ismail hidup pada zaman 1911 – 1774 sebelum masehi atau selama 137 tahun.

Mukjizat


Keluarnya mata air zam-zam ketika ibunya berjuang mencari air dari bukit Shafa hingga Marwah dan menjadi manusia pertama yang melaksanakan ibadah haji.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah anak kandung Nabi Ibrahim AS dengan Hajar.

9. Nabi Ishaq AS





Riwayat


Nabi Ishaq AS merupakan saudara tiri dari Nabi Ismail AS dari istri pertama Nabi Ibrahim AS. Beliau bersama Nabi Ismail AS menjadi penerus dakwah sang Ayah kepada kaum-kaumnya. Suatu hari Nabi Ishaq AS belum juga menikah, namun sang ayah menyuruhnya untuk tidak menikah dengan kaum Kana’an yang ingkar. Akhirnya, beliau menikah dengan perempuan dari negeri Harran.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1897 – 1717 sebelum masehi atau selama 180 tahun.

Mukjizat


Nabi Ishaq AS diberi ujian dengan mempunyai istri yang mandul. Tapi beliau tetap bersabar dan akhirnya diberi keturunan yang kembar.

Silsilah Kenabian


Beliau merupakan anak kandung dari Nabi Ibrahin AS dari istrinya Sarah.


10. Nabi Yaqub AS





Riwayat


Nabi Yakub (Ya’qub) AS mempunyai saudara kembar bernama Aish. Saudaranya itu pernah merasa iri dengannya dan mengancam akan membunuhnya. Beliau kemudian mengungsi ke Harran. Setelahnya, beliau menikah dan memiliki 4 orang istri. Dari keempat istrinya tersebut, beliau dikaruniai 12 orang anak dan menjadi awal dari peradaban kaum Bani Israil.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1837 – 1690 sebelum masehi, atau 147 tahun.

Mukjizat


Beliau memiliki 12 anak yang banyak diantara keturunan-keturunannya menjadi nabi dan rasul.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah anak kandung dari Nabi Ishaq AS.


11. Nabi Yusuf AS





Riwayat


Nabi Yusuf AS dikenal akan ketampanannya. Bahkan diriwayatkan beliau menjadi manusia tertampan di dunia. Banyak wanita yang tergoda dengannya, termasuk istri dari tuannya. Namun, beliau selalu menolak semua wanita tersebut. Beliau juga pernah hampir dibunuh oleh saudara-saudara kandungnya yang merasa iri akan kasih sayang dari sang Ayah.

Tahun/Zaman


Nabi Yusuf AS hidup pada zaman 1745 – 1635 sebelum masehi atau 110 tahun.

Mukjizat


Beliau adalah penafsir mimpi yang ulung. Bahkan raja pernah meminta bantuannya untuk mengartikan mimpi tersebut.

Silsilah Kenabian


Beliau merupakan anak kandung dari Nabi Ya’qub AS.


12. Nabi Ayyub AS





Riwayat


Nabi Ayub (Ayyub) AS dikatakan sebagai teladan dari kesabaran. Beliau adalah manusia yang paling sabar ketika Allah SWT mengujinya dengan harta, keluarga, dan penyakit. Beliau menderita penyakit kronis dalam waktu yang lama.

Tahun/Zaman


Beliau hidup di zaman 1540 – 1420 sebelum masehi atau 120 tahun.

Mukjizat


Allah memerintahkan beliau untuk menghentakkan kakinya di tanah dan muncullah pancaran air. Air tersebut menyembuhkan penyakitnya.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 5 Nabi Ishaq. Garis keturunannya mulai dari Ishaq AS, Al Aish, Rum, Tawakh, Amush dan Ayyub AS.


13. Nabi Syu’aib AS





Riwayat


Nabi Syu’aib AS tinggal di daerah Gunung Sinai yang dihuni oleh kaum Madyan. Kaum tersebut terkenal karena perbuatan curangnya dalam menakar timbangan dan menyembah berhala. Nabi Syu’aib kemudian berdoa agar menurunkan azab pada mereka. Azab pertama adalah cuaca yang sangat panas, lalu Allah mendatangkan awan yang sangat gelap dan menurunkan petir yang menyambar serta gempa bumi pada kaum tersebut.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1600 – 1490 sebelum masehi atau 110 tahun.

Mukjizat


Allah SWT mengabulkan doanya untuk memberikan azab yang membinasakan kaum Madyan.

Silsilah Kenabian


Beliau merupakan keturunan keempat Nabi Ibrahim AS. Garis keturunannya mulai dari Ibrahim AS, Madyan, Yasykur, Mikail, dan Syu’aib AS.


14. Nabi Musa AS





Riwayat


Nabi Musa AS hidup di Mesir pada zaman Raja Fir’aun yang dikenal sombong dan mengaku dirinya sebagai Tuhan. Sewaktu masih bayi, Nabi Musa AS dihanyutkan ke Sungai Nil dan ditemukan oleh istri Fir’aun. Setelah dewasa, Nabi Musa AS menerima wahyu dan mukjizat dari Allah berupa tongkat dan tangan yang berseri-seri. Para pengikut Fir’aun pada akhirnya menjadi pengikut Nabi Musa AS dan membuat Fir’aun murka.

Tahun/Zaman


Nabi Musa AS hidup pada zaman 1527 – 1407 sebelum masehi atau 120 tahun.

Mukjizat


Tongkat Nabi Musa AS bisa menjadi ular dan ketika beliau dikejar Fir’aun, tongkat tersebut dapat membelah Laut Merah dan menyelamatkannya. Serta diberi kitab Taurat.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 5 Nabi Ya’qub AS. Dimulai dari Ya’qub AS, Lawi, Azar, Qahats, Imran dan Musa AS.


15. Nabi Harun AS





Riwayat


Nabi Harun AS merupakan saudara kandung dari Nabi Musa AS. Beliau turut mendampingi Nabi Musa AS dalam berdakwah. Pada zamannya tersebut terkenal dengan kaum Bani Israil yang menyembah patung sapi emas bernama Samiri.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1531 – 1408 sebelum masehi atau 123 tahun.

Mukjizat


Beliau diberi kecakapan oleh Allah SWT dalam hal berpidato dan berdakwah.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 5 Nabi Ya’qub AS dan kakak kandung Nabi Musa AS.


16. Nabi Zulkifli AS





Riwayat


Nabi Zulkifli AS adalah seorang raja yang bijaksana, baik hati, dan tidak sombong. Suatu hari, syaitan ingin mengujinya dan menyamar untuk membuatnya marah. Namun beliau berhasil menahan amarah. Diceritakan juga ada pemberontakan dan beliau meminta rakyatnya untuk berperang. Tapi tidak ada yang mau berperang dan meminta Nabi Zulkifli AS untuk berdoa kepada Allah agar menang dan tidak mati.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1500 – 1425 sebelum masehi atau 75 tahun.

Mukjizat


Mempunyai sifat yang penuh kesabaran dan kedermawanan.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah anak kandung dari Nabi Ayyub AS.



17. Nabi Daud AS





Riwayat


Nabi Daud AS merupakan salah satu nabi yang mendapatkan wahyu berupa kitab bernama Zabur. Beliau sangat fasih membaca kitab tersebut. Beliau juga adalah seorang raja di Israel yang mampu mengalahkan Jalut (prajurit Flistin).

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1063 – 963 sebelum masehi atau 100 tahun.

Mukjizat


Nabi Daud AS mempunyai kemampuan untuk membengkokkan dan melunakkan besi atas izin Allah.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 11 Nabi Ishaq AS. Dimulai dari Ishaq AS, Yahudza, Farish, Hashrun, Aram, Aminadab, Hasyun, Salmun, Bu’az, Uwaibid, Isya, dan Daud AS.


18. Nabi Sulaiman AS





Riwayat


Nabi Sulaiman AS dikenal sebagai seorang raja yang cerdas. Beliau juga melakukan dakwah kepada kaum Bani Israil. Satu dari sekian banyak keistimewaan dari Nabi Sulaiman adalah kuasanya atas hewan dan bangsa jin.

Beliau pun dapat membangun istana megah dan benteng berkat bantuan dari kelebihannya mendapatkan tembaga cair dari perut bumi.

Tahun/Zaman


Nabi Sulaiman AS hidup pada zaman 989 – 923 sebelum masehi atau 66 tahun.

Mukjizat


Beliau dapat berkomunikasi dengan binatang dan jin untuk melakukan semua perintahnya.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah anak kandung Nabi Daud AS.



19. Nabi Ilyas AS





Riwayat


Nabi Ilyas AS adalah salah satu nabi yang juga berdakwah terhadap kaum Bani Israil. Namun mereka mengingkari dan menghina beliau. Allah menurunkan musibah berupa kekeringan panjang dan membuat kaum tersebut sadar. Akan tetapi, ketika keadaan sudah kembali seperti semula, mereka kembali ingkar kepada Allah. Kemudian Allah menurunkan bencana gempa bumi.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 910 – 850 sebelum masehi atau 60 tahun.

Mukjizat


Nabi Ilyas AS tetap bersabar ketika Bani Israil selalu mengejek beliau.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 4 Nabi Harun AS. Dimulai dari Harun AS, Alzar, Fanhash, Yasin dan Ilyas AS.


20. Nabi Ilyasa AS





Riwayat


Nabi Ilyasa’ AS dapat disebut sebagai anak angkat dari Nabi Ilyas AS. Dahulu, Nabi Ilyas AS membantu menyembuhkan penyakitnya. Beliau pun kemudian mengikuti ayah angkatnya dan meneruskan dakwah di daerah Yordania. Kaumnya disana sempat mengikuti ajarannya, namun kembali menjadi manusia sesat. Kemudian Allah menurunkan bencana kekeringan.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 885-795 sebelum masehi atau 90 tahun.

Mukjizat


Beliau mendapatkan keistimewaan dengan mampu menghidupkan orang yang meninggal atas izin Allah SWT.

Silsilah Kenabian


Beliau merupakan keturunan ke 4 Nabi Yusuf AS. Dimulai dari Yusuf AS, Ifrayim, Syutlim, Akhtub, dan Ilyasa’ AS.


21. Nabi Yunus AS





Riwayat


Kisah Nabi Yunus AS ini terkenal karena beliau ditelan oleh ikan paus di lautan. Hal ini berawal ketika beliau mengembara dari kaum Ninawa. Beliau merasa putus asa dan menumpang ke sebuah kapal. Saat itu kapal berguncang dan harus mengurangi penumpang. Nabi Yunus AS selalu terpilih undian dan beliau melemparkan diri ke laut. Kemudian ikan paus menelannya.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 820 – 750 sebelum masehi atau 70 tahun.

Mukjizat


Beliau selamat dari perut ikan paus karena terus memohon ampun dan berzikir kepada Allah selama 40 hari.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 4 Nabi Yusuf AS. Dimulai dari Yusuf AS, Bunyamin, Abumatta, Matta, dan Yunus AS.


22. Nabi Zakariya AS





Riwayat


Nabi Zakariya AS menginginkan seorang anak dalam kehidupannya, beliau menunggu sangat lama. Suatu hari ada seorang janda yang menyerahkan anak perempuannya bernama Maryam kepada beliau. Beliau tetap memohon kepada Allah untuk diberikan anak. Allah pun mengabulkannya. Artikel terkait ada disini.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 91 SM – 31 Masehi atau 122 tahun.

Mukjizat


Beliau terus memohon dan bersabar ketika belum mendapatkan keturunan, karena istrinya mandul.

Silsilah Kenabian


Beliau merupakan keturunan ke 16 dari Nabi Sulaiman AS.


23. Nabi Yahya AS





Riwayat


Nabi Yahya AS pernah menentang pernikahan antara penguasa Palestina dengan keponakannya, karena bertentangan dengan kitab Taurat dan Zabur. Namun, sang penguasa dan keponakannya tersebut merasa murka dan membunuh beliau dalam usia yang masih muda.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1 – 31 Masehi atau 30 tahun.

Mukjizat


Beliau mempunyai sifat yang baik, tidak sombong, dan selalu hormat pada orang tuanya.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah anak kandung dari Nabi Zakariya AS.

24. Nabi Isa AS





Riwayat


Nabi Isa AS dikenal sebagai nabi yang tidak memiliki ayah. Beliau lahir dari perempuan perawan bernama Maryam. Nabi Isa AS juga dijuluki sebagai Ulul Azmi. Di masa hidupnya, beliau mendapatkan banyak cobaan. Beliau pun diutus sebagai nabi dan rasul untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil. Namun, orang-orang kafir tersebut justru ingin membunuhnya dengan cara disalib. Akan tetapi, mereka gagal dan orang yang disalib tersebut hanya menyerupai Nabi Isa AS, karena beliau telah diangkat oleh Allah SWT.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 1 sebelum masehi – 32 masehi atau 33 tahun.

Mukjizat


Nabi Isa AS mempunyai banyak mukjizat, yaitu dapat berbicara sewaktu bayi, menyembuhkan penyakit, memberi nyawa pada burung dari tanah liat, membangkitkan orang meninggal, dan meminta makanan dari surga.

Silsilah Kenabian


Beliau adalah keturunan ke 17 Nabi Sulaiman AS.

25. Nabi Muhammad SAW





Riwayat


Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang menjadi nabi dan rasul terakhir. Beliau menjadi anak yatim piatu di usia 6 tahun. Beliau juga termasuk Ulul Azmi karena ketabahan dan kesabaran atas semua ujian yang diberikan. Belum lagi beliau juga harus berkonflik dengan pamannya sendiri yang menjadi orang yang ingkar terhadap ajaran Allah SWT. Suatu hari Nabi Muhammad SAW dilamar oleh seorang wanita kaya bernama Khadijah yang usianya terpaut 15 tahun lebih tua dari beliau. Beliau akhirnya menikahi wanita tersebut karena kemuliaannya.

Tahun/Zaman


Beliau hidup pada zaman 570 – 632 masehi atau 62 tahun.

Mukjizat


Nabi Muhammad SAW menjadi rasul yang diutus untuk seluruh umat manusia yang ada di bumi. Beliau mendapatkan mukjizat terbesar berupa kitab suci Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia.

Silsilah Kenabian

Dari ayah maupun ibunya, beliau memiliki garis keturunan dari Nabi Ismail AS.

Nabi Nabi Yang Memiliki Gelar Ulul Azmi


Gelar Ulul Azmi diberikan kepada 5 Nabi yang dianggap memiliki ketabahan luar biasa, beliau-beliau ini adalah:


Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW. Ulul Azmi diterangkan dalam surat Al-Ahqaf ayat ke-35 dan Asy-Syura ayat ke-13.

Demikian nama nama nabi dan semua kisahnya, 25 nabi dan rasul tersebut patut kita imani. Karena sebagai pembelajaran bagi manusia. Adapun nabi dan rasul patut menjadi suri tauladan yang harus dicontoh.



Categories(BlogArchive) DEFOLLOW




Categories(BlogArchive) NOFOLLOW




TAG :

#ALHIKMAH

#WEBSITE

#IMAGE

#ISLAMI

#AWDEV


SCORE : 

https://www.alhikmah.my.id/

PULICATION :

ALHIKMAH.MY.ID,ALHIKMAH.EU.ORG,AWDEV.EU.ORG,WEB.ALHIMAH.EU.ORG,DEVOLOPER.ADEV.EU.ORG,WAHYU9KDL.GITHUB.IO



Connect with me:

san3 wahyu9kdl awfanspage https://www.linkedin.com/in/ahmad-wahyudi-41b6841b6 awgroupchannel awfanspage wahyu9kdl wahyu9kdl aw youtube channel http://feedproxy.google.com/~r/blogspot/ghpgr/~3/vyr1fhc7dbi/informasi-cara-mendapatkan-ribuan.html  Logo Logo Logo ALHIKMAH.MY.ID


Admin

AL HIKMAH

Follow My Blog

DMCA.com Protection Status

© ALHIKMAH.MY.ID
Source: https://www.alhikmah.my.id/





#NABI #RASUL #MU'JIZAT #KISAH HIKMAH #ALHIKMAH #ISLAMI

25 Nabi Dan Rasul Serta Mukjizatnya Yang Wajib diketahui - Kisah Hikmah - Alhikmah.my.id

© 25 Nabi Dan Rasul Serta Mukjizatnya Yang Wajib diketahui - Kisah Hikmah - Alhikmah.my.id - ALHIKMAH.MY.ID
Source: https://www.alhikmah.my.id/2022/03/nabi_28.html
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "25 Nabi Dan Rasul Serta Mukjizatnya Yang Wajib diketahui - Kisah Hikmah - Alhikmah.my.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel